Selasa, 05 Maret 2024

LA Modul 1 Percobaan 4





PERCOBAAN 4 
Keypad dan LCD


1. Prosedur
[Kembali]

  1. Rangkai semua komponen sesuai kondisi yang dipilih
  2. Buat program di aplikasi arduino IDE
  3. Setelah selesai masukkan program ke arduino (Verify and Upload)
  4. Jalankan program pada simulasi dan cobakan sesuai dengan modul dan kondisi
  5. Selesai

2. Hardware dan Diagram Blok [Kembali]

A. Hardware

1. LCD




2. Keypad 



3. Arduino Uno



                                  
B. Digram Blok





3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip kerja [Kembali]





Prinsip Kerja 

    Pada percobaan 4, komponen utama dari rangkaiannya adalah keypad dan LCD. Keypad digunakan sebagai input, sementara LCD digunakan sebagai output. Pertama, kita akan mengunggah program yang telah disiapkan ke dalam mikrokontroler atau arduino uno. Proses inisialisasi akan dimulai, di mana pin untuk keypad dan layar LCD akan dikonfigurasi, dan komunikasi serial mungkin juga akan diinisialisasi. Setelah itu, mikrokontroler akan mulai memantau input dari keypad secara terus-menerus. Setiap kali tombol pada keypad ditekan, mikrokontroler akan mendeteksi sinyal yang masuk dari pin yang terhubung ke keypad. Nilai dari tombol yang ditekan akan diekstraksi, dan kemudian nilai tersebut akan ditampilkan di layar LCD. Proses ini akan berulang terus menerus, sehingga setiap interaksi dengan keypad akan menghasilkan respons yang sesuai di layar LCD. sebagai contoh jika kita menekan tombol 1 maka akan menampilkan angka 1 pada LCD begitu seterusnya.
    

4. FlowChart [Kembali]

A. Listing Program 

#include <Keypad.h> // Memanggil library Keypad
#include <LiquidCrystal.h> // Memanggil library LCD

// Menentukan besaran keypad
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5); // Mendeklarasikan pin pin pada LCD

// Menentukan besaran dari keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
  {'1', '2', '3', 'A'},
  {'4', '5', '6', 'B'},
  {'7', '8', '9', 'C'},
  {'*', '0', '#', 'D'}
};
 
// Mengkoneksikan keypad ke pin arduino
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
 
// Mendeklarasikan keypad ke arduino
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
 
void setup() {
  // Setup serial monitor
  Serial.begin(9600);
  lcd.begin(16, 2);
}
 
void loop() {
  // Membaca tombol yang di tekan
  char customKey = customKeypad.getKey();
 
  if (customKey) {
    // melakukan printing ke LCD tombol yang di pencet
    lcd.setCursor(0, 0);
    lcd.print("Tombol :");
    lcd.print(customKey);
  }
}        

B. Flowchart





5. Video Demo [Kembali]





6. Kondisi [Kembali]

        Ketika angka yang diklik pada keypad akan dibaca oleh Arduino dan, arduino akan memberikan perintah untuk menampilkan angka tersebut pada LCD


7. Download File [Kembali]

Download HMTL Klik disini
Download Simulasi Rangkaian Klik disini
Download Video Demo Klik disini
Download Datasheet ARDUINO UNO klik disini
Download Datasheet TOUCH SENSOR  klik disini
Download Datasheet LCD 2X16 klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

LA MODUL 3 PERCOBAAN 2

  PERCOBAAN 2 [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Jurnal 2. Alat dan Bahan 3. Rangkaian Simulasi 4. Prinsip Kerja Rangka...